Rabu, 31 Juli 2013

SP Minta Meneg BUMN Perhatikan Pelindo II

JAKARTA, suaramerdeka.com - Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia II (SPPI II) meminta Meneg BUMN Dahlan Iskan agar memperhatikan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II.

"Jika tidak, dikhawatirkan perusahaan bisa collapse, karena dikelola tidak sesuai dengan prinsip good corporate governance (GCG)," ungkap Ketua Umum SPPI II, Kirnoto di Jakarta, Rabu (31/7).

SP mencontohkan, proyek pembangunan Terminal Pelabuhan Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta. Proyek berisiko tinggi tersebut, proses perencanaan dan pelaksanaannya tidak dikelola secara transparan dan semua keputusan penting didominasi oleh konsultan tunggal. SPPI II mengkhawatirkan masa depan perusahaan dan karyawan yang berjumlah 2.541 orang, karena ambisi proyek-proyek besar Dirut.

Kirnoto menegaskan, pihaknya sangat mendukung pembangunan Terminal Pelabuhan Kalibaru. "Namun kebijakan menggandeng mitra asing untuk mengoperasikannya tidak sesuai Perpres 36/2012 yang mengamanatkan pengelolaan sendiri Terminal Kalibaru," tegas Kirnoto.

Dirut Pelindo II, juga mendirikan banyak anak perusahaan tanpa melalui kajian komersil dan finansial yang memadai dan prosesnya dipaksakan. "Biaya operasional enam anak perusahaan Pelindo II membebani induk usaha dan terjadi inefisiensi," jelas Kirnoto.

Melihat kondisi perusahaan seperti itu, SP mengharapkan sikap tegas dan konsisten Meneng BUMN meninjau skema dan pelaksanaan proyek pembangunan dan pengoperasian Pelabuhan Kalibaru dengan mengutamakan peran Pelindo II sebagai operator.

"Kami minta Meneg BUMN mengganti Dirut Pelindo II, RJ Lino dan meminta pertanggung jawaban terhadap pengelolaan perusahaan selama jabatan yang bersangkutan," pinta Kirnoto.

( Budi Nugraha / CN38 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/07/31/166682/SP-Minta-Meneg-BUMN-Perhatikan-Pelindo-II

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Post Indah Web Id Powered by Blogger