Sabtu, 08 Juni 2013

Saluran Irigasi Indonesia, 52 Persen Rusak

BATANG, suaramerdeka.com - Tingkat kerusakan saluran irigasi di Indonesia saat ini telah mencapai 52 persen hingga kondisi tersebut memengaruhi produksi hasil pertanian. 

"Selain faktor perubahan iklim, penurunan hasil pertanian juga disebabkan pada tingkat kerusakan saluran irigasi yang mencapai 52 persen," ungkap Menteri Pertanian Suswono di Batang, Sabtu (8/6).

Namun, meski kemungkinan terjadi penurunan produksi hasil pertanian, ia optimistis target pencapaian produksi beras sebesar 10 juta ton pada tahun 2014 akan terpenuhi.

"Kami optimistis penemuhan target produksi beras sebesar 10 juta ton pada tahun 2014, akan dapat terpenuhi," katanya.

Tingkat kerusakan irigasi ini, diungkapkan Suswono membutuhkan dana relatif cukup besar atau diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp21 triliun. 

Namun, masalah tingkat kerusakan irigasi tersebut menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaa Umum (PU) dan sebagian oleh Kementerian Pertanian.

"Tingkat saluran yang mengalami kerusakan dan menjadi tanggung jawab Kementerian PU membutuhkan dana sebesar Rp18 triliun. Kami menangani saluran tersier yang mengalami kerusakan dan membutuhkan dana sebesar Rp3 triliun," katanya.

Ia mengatakan, apabila kerusakan saluran irigasi telah diperbaiki, dapat meningkatkan hasil produksi pertanian, seperti gabah kering giling sebanyak 9,1 juta ton per tahun.

"Kami optimitis setelah semua saluran irigasi dapat diperbaiki, target produksi beras sebesar 10 juta ton pada tahun 2014 dapat tercapai," katanya.

Terkait dengan rencana Pemerintah menaikkan harga BBM, Mentan Suswono mengaku bahwa dirinya setuju atas kebijakan Pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak itu.

Ia menilai, apabila harga BBM tidak dinaikkan, justru akan terjadi kenaikan defisit anggaran yang mencapai angka tiga persen.

"Oleh karena itu, kami setuju dengan rencana Pemerintah yang akan menaikkan harga BBM. Kami juga menyadari jika harga BBM tidak dinaikkan, akan terjadi defisit anggaran sebesar tiga persen dan itu melanggar undang-undang," kata politikus dari Partai Keadilan Sejahtera itu.

( Ant / CN19 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/06/08/160084/Saluran-Irigasi-Indonesia-52-Persen-Rusak

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Post Indah Web Id Powered by Blogger