Selasa, 21 Mei 2013

Sehari Dilantik, Chatib Basri Langsung Bertemu DPR

image

SERTIJAB MENKEU: Menteri Keuangan Chatib Basri menandatangani serah terima jabatan menteri keuangan di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (21/5). (suaramerdeka.com/Kartika Runiasari)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Chatib Basri akhirnya resmi menjadi Menteri Keuangan pada hari ini, Selasa (21/5). Agenda pertama mantan pengamat ekonomi dari LPEM UI ini adalah rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR untuk membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2013 pada Rabu (21/5) besok.

"Di Banggar mengenai RAPBNP sangat krusial karena ada perubahan asumsi makro, isu kompensasi BBM, isu perubahan struktur anggaran K/L dimana semua harus dibahas," katanya saat memberikan kata sambutan dalam acara Serah Terima Jabatan Menteri Keuangan di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Selasa (21/5).

Menurutnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menitipkan tiga hal saat memintanya menjadi menkeu. Pertama, menjaga stabilitas makro sebagai jangkar kebijakan keuangan ke depan. "Ini penting di tengah situasi global yang tidak pasti, salah satu pondasi utama adalah stabilitas makro, bisa dijaga bila keuangan dan defisitnya dijaga dengan hati-hati," tandasnya.

Kedua, tambahnya, terkait dengan pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan sebesar 6,5%. Dia menegaskan sumber pertumbuhan ekonomi harus dijaga termasuk konsumsi rumah tangga dan investasi. Terakhir, berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

Paska dilantik, Chatib mengaku bukan orang baru di lingkungan Kementerian Keuangan. Pada tahun 2006 sampai 2010, Chatib kerap mondar-mandir di gedung Kemenkeu saat menjadi staf khusus menteri  keuangan yang saat itu dijabat Sri Mulyani Indrawati.

"Keunggulan saya satu paling tidak ketika saya masuk ruangan ini saya tahu persis kamar mandinya dimana karena 2006-2010 saya habiskan waktu di gedung ini jadi kalau ditanya mengenai kamar mandi, lift, cara masuk ke basement yang tidak diketahui wartawan saya tahu caranya," celetuknya yang disambut tawa hadirin.

Di tempat yang sama, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan setelah dilantik Chatib Basri tidak bisa bekerja santai karena banyak pekerjaan menunggu di depan. Terutama berkaitan dengan pembahasan RAPBNP 2013 dan RAPBN 2014 dengan DPR.

"Ini dunia yang tidak asing, dan saya yakin dengan dukungan seluruh pejabat di kemenkeu, maka pekerjaan itu bisa diselesesaikan dengan tuntas," ucapnya kepada Chatib Basri.

Hatta mengaku lega akhirnya bisa melepas jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keuangan yang diembannya selama 1 bulan dua hari.

"Saya serahkan satu bulan ini ke menkeu definitif, percayalah di kemenkeu ini Pak Chatib nggak kekurangan pekerjaan, setiap hari sebulan itu saya dikirimi bu Ani ataupun pak Mahendra (Wamenkeu) satu koper-koper," cetusnya.

( Kartika Runiasari / CN38 / SMNetwork )

Bagi Anda pengguna ponsel, nikmati berita terkini lewat http://m.suaramerdeka.com
Dapatkan SM launcher untuk BlackBerry http://m.suaramerdeka.com/bb/bblauncher/SMLauncher.jad


http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/05/21/157790/Sehari-Dilantik-Chatib-Basri-Langsung-Bertemu-DPR

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

© Post Indah Web Id Powered by Blogger